Manado (ANTARA) - Tiga perangkat daerah menyampaikan dan mempertanggungjawabkan semua kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan selama 2018, dalam pembahasan LKPJ Wali Kota Manado bersama dengan Pansus di DPRD setempat, di Manado, Selasa. 

"Tiga perangkat daerah yang  menyampaikan laporan kegiatan dan program tahun 2018, yaitu dinas pariwisata, dinas sosial dan dinas perumahan dan  kawasan pemukiman rakyat (Perkim)," kata Ketua Pansus, Anita de Blouwe, di Manado. 

Dia mengatakan, dalam keterangan pertanggungjawabanya, dinas pariwisata menyampaikan perihal semua program yang dilaksanakan sudah 100 persen, dan mengenai kegiatan rutin tahunan, yakni Manado Fiesta, yang menelan biaya sangat besar, mendapakan perhatian khusus.  Suasana pembahasan Ranperda di Manado. (jo) (1)
"Kami minta kepada dinas pariwisata untuk menurunkan biaya promosi dan mengubahnya dengan mencetak brosur-brosur dan liflet yang bisa dibawa-bawa kemana-mana dan DPRD juga bisa membantu dengan membawanya ke semua daerah tujuan untuk dipromosikan, agar bisa mendatangkan banyak orang, sehingga menghemat biaya," katanya. 

Sedangkan untuk dinas sosial, katanya, semua program juga sudah dilaksanakan 100 persen, dan khusus untuk bantuan Lansia yang sempat menjadi masalah hangat juga dibicarakan cukup lama.  Ketua Pansus LKPJ Anita de Blouwe. (jo) (1)
Sebab menurutnya Anita, justru program tersebut ada yang berasal dari pusat yakni Kementerian Sosial yang memberikan bantuan bagi 1.000 lansia yang berusia 65 tahun keatas dengan jaminan bantuan uang, dan pemerintah Manado lewat dinas sosial juga punya sendiri dan sudah dianggarkan di APBD 2019. 

"Untuk bantuan kepada lansia yang berjumlah 10.000 orang itu juga harus dilaksanakan tahun ini, karena itu adalah program dan visi misi wali kota maka harus dilaksanakan juga, dan kami  juga mengingatkan agar berikutnya diberikan kepada seluruh Lansia yang berjumlah sekitar 39.000 di Manado,  tetapi pelaksanaannya bukan lagi di dinas sosial tetapi di badan keuangan daerah," katanya. 
  Suasana pembahasan Ranperda di Manado. (jo) (1) Sedangkan untuk dinas Perkim Manado, katanya, juga sudah dilaksanakan 100 persen, dimana semua program mulai dari air bersih hingga jalan-jalan setapak dan perbaikan pemukiman sudah dilaksanakan oleh perangkat daerah tersebut. 

"Kami tinggal menunggu perangkat daerah lainnya supaya LKPJ cepat selesai dibahas dengan demikian bisa diparipurnakan, apakah ada temua atau tidak dan baik atau tidak," katanya. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024