Manado (ANTARA) - Para penyelenggara pemilu terutama para panitia ad hoc yakni PPK dan pengawas pemilu kecamatan dan kelurahan, mendapat bantuan kesehatan selama penghitungan suara baik di tingkat kecamatan hingga kota nanti. 

"Sebelum bantuan kesehatan turun, kami sudah mengajukan permohonan ke Puskemas di semua kecamatan supaya bisa membantu dengan mengirimkan tenaga kesehatan memeriksa kesehatan dan memberikan pengobatan serta suplemen bagi para penyelenggara dan pengawas pemilu dalam proses rekapitulasi suara," kata Ketua KPU Manado, Sunday Rompas, di Manado, Selasa.  Penghitungan suara di PPK Sario yang diawasi oleh Panwascam. (ist) (1)
Dia mengatakan, permohonan mendapatkan tanggapan positif dari Puskemas sehingga ada yang sudah menurunkan tim untuk memeriksa dan menolong para PPS maupun penyelenggara lainnya. 

"Kami dengar di Kecamatan Malalayang dan Sario sudah mulai membuka posko sehingga bantuan bisa segera diberikan kepada para anggota PPK dan PPS yang ada di situ," kata. 

Sementara Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda menyambut baik langkah KPU tersebut, supaya bisa menolong para penyelenggara dan pengawas yang sedang melaksanakan tugas. 

"Karena bertugas sudah berhari-hari dan tidak istirahat, itu adalah hal yang baik sehingga bisa membantu PPK, PPS maupun pengawas yang sedang bertugas agar tidak menjadi korban," katanya.  Penghitungan suara di PPK Sario yang diawasi oleh Panwascam. (ist) (1)

Dia berharap kiranya pelaksanaan penghitungan suara tetap lancar, dan semua pelaksana baik PPK maupun Panwascam tetap bisa melakukan tugas dengan baik, dengan tidak terkendala kesehatan atau lainnya, mengingat sudah ada beberapa korban jiwa yang jatuh. 

Anggota Panwascam Sario, Jufri Almakawi, mengatakan, sebelum melakukan tugasnya dalam penghitungan suara di Kecamatan Sario, sudah memeriksakan kesehatannya karena merasa tekanan darahnya sudah naik, karena kurang istirahat. 

"Sudah memeriksakan diri sebelum lanjut pengawasan penghitungan sehingga bisa tetap bertugas, karena waktunya masih cukup lama," katanya. 

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024