Manado (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Manado, dr. Richard Henry Sualang, menyampaikan apreasi dan pujian kepada para legislator yang memanfaatkan masa reses dengan menemui masyarakat di daerah pemilihan (Dapil), selama sepekan mulai 4-9 Maret 2019. 

"Sesuai dengan ketentuan undang-undang, DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten kota, dijadwalkan melakukan kegiatan di luar kantor dengan turun ke daerah pemilihan masing-masing, seperti yang dilakukan legislator Jonas Ronny Makawata, SE, di Singkil I," kata Ichad, sapaan akrab politisi muda itu, saat menghadiri reses Ronny Makawata, di Singkil. 

Dia mengatakan, reses menjadi kesempatan wakil rakyat mencari tahu masalah yang terjadi di masyarakat sehingga bisa dibantu dan diperjuangkan di DPRD Manado. 

Sebagai pimpinan DPRD, sekaligus ketua fraksi PDIP, dia menegaskan, menempatkan para anggota fraksi sesuai dengan kemampuan dan kapabilitasnya, sehingga bisa menyuarakan aspirasi masyarakat dan daerah yang diwakilinya. 

Selain itu, kata Ichad yang paling penting adalah bisa berargumen dengan pihak eksekutif dalam mempertahankan usulan yang merupakan aspirasi masyarakat, sebagai program prioritas. 

"Karena itu, kami selalu merapatkan dulu apa-apa yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan rapat badan anggaran sehingga kepentingan masyarakat itu yang didahulukan," katanya. 

Di sisi lain, dia mengatakan, lima daerah pemilihan di Manado itu tidak sama, kebutuhannya, ada yang perlu sekolah, rumah sakit, puskesmas atau jalan, selokan, jembatan dan penerangan, namun untuk jaminan sosial dan pendidikan rata-rata sama. 

"Karena itu kami mendorong 40 wakil rakyat yang duduk sebagai anggota DPRD untuk betul-betul mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan dan permintaan masyarakat, sehingga bisa diperjuangkan di lembaga DPRD baik anggaran maupun pelaksanaan fisiknya," katanya. 

Selain itu, Ichad yang juga maju sebagai Caleg dari Dapil Manado untuk DPRD provinsi itu dari PDIP itu juga mengatakan, mendorong masyarakat yang menghadiri reses untuk menyampaikan apa saja yang menjadi kebutuhan dan permintaan, sehingga bisa diperjuangkan di DPRD. *** 

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024