Minahasa Utara,  (Antaranews Sulut) - Masyarakat di Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, memanfaatkan dana desa untuk pembangunan embung, drainase dan jalan rabat.

"Desa Marinsow memanfaatkan dana untuk membangun embung, kemudian di Kinunang dan Pulisan membangun drainase dan jalan rabat beton," kata Camat Likupang Timur, Doni Rondonuwu di Likupang Timur, Minahasa Utara, Rabu. Progres pembangunan yang memanfaatkan dana desa di Marinsow yang melibatkan perempuan (Mito/Ist) (1)

Dia mengatakan, pembangunan embung desa di Marinsow menggunakan dana tahap satu, yang merupakan salah satu dari empat program prioritas yang ditegaskan Presiden RI Joko Widodo.

Dia mengatakan, untuk Desa Kinunang dan Pulisan, dibuat jalan rabat desa, dengan tujuan untuk menghubungkan antar desa dengan lokasi pemasaran. Perogres pembangunan di Desa Kinunang (Ist/Mitho) (1) "Selain itu, pembangunan drainase diharapkan akan membuat jalan saluran air di desa yang sebelumnya kurang bagus menjadi lebih baik," katanya.

Pjs Kepala Desa Marinsow. John Luntungan,  mengatakan, dalam pelaksanaan program padat karya yang menggunakan dana desa tersebut, selain melibatkan laki-laki di desa, para perempuan juga ikut andil.

John mengatakan, perempuan ikut terlibat mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan sehingga tidak ada yang menganggur dalam pembangunan yang menggunakan dana desa tersebut. Baliho transparansi di Desa Kinunang (Ist/Mitho) (1) "Salah satu contohnya, perempuan menjadi ketua tim pengelola kegiatan di desa Marinsow, sehingga semua masyarakat baik laki-laki maupun perempuan diberdayakan," katanya.



(T.KR-JHB/B/M019/M019) 23-05-2018 14:18:50

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024