Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman menerima "Harmony Award", penghargaan kerukunan umat beragama bersama tiga gubernur dan enam wali kota/bupati lainnya, Minggu.

"Penghargaan ini diberikan khusus kepada gubernur dan wali kota/bupati sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap program penguatan kerukunan umat beragama di Indonesia," kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman seperti dikutip Kepala Bagian Humas Christo Kalumata SSTP, Minggu.

Dari penilaian yang dilakukan tim Kementerian Agama Republik Indonesia, Wali Kota Tomohon terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan ini, katanya.

"Kota Tomohon merupakan satu-satunya daerah di Sulut yang menerima penghargaan ini. Sulut yang di dalamnya ada Kota Tomohon berada pada peringkat dua nasional dalam hal kerukunan umat beragama, sebelumnya tahun 2016 berada pada peringkat lima nasional," katanya.

Penilaian dan pemberian penghargaan ini, lanjut dia, merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan bagi 10 daerah penerima karena memperoleh penghargaan ini pada kesempatan yang pertama.

"Penghargaan ini bukan semata-mata dipersembahkan hanya bagi Pemerintah Kota Tomohon atau bagi saya sebagai Wali Kota. Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi seluruh warga, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat dan semua komponen yang ada," ujar Wali Kota.

Kerukunan umat beragama yang tercipta di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa adalah karya yang diukir bersama seluruh komponen masyarakat, hal ini lebih memantapkan predikat Kota Tomohon yang sudah sejak dulu dikenal sebagai kota religius.

"Terima kasih juga kepada Kementerian Agama, Kantor Wilayah Departemen Agama Sulut, Kantor Departemen Agama Kota Tomohon dan tokoh-tokoh agama dalam wadah Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)," katanya.

Wali Kota yakin, penghargaan yang telah dicapai bersama itu akan memotivasi daerah-daerah lain menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Provinsi dan kabupaten/kota penerima "Harmony Award" lainnya yaitu Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Papua, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Alor, Kota Tomohon dan Kota Sungaipenuh.***4***



(T.K011/B/A029/A029) 26-02-2017 19:06:42

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024