Minahasa Utara, 22/6 (Antara Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar workshop Kepariwisataan guna menunjang mutu dalam mewujudkan daerah wisata yang berlangsung di taman bermain Gunung Kekewang, Rabu.
Sekretaris Daerah Minahasa Utara Sandra TP Moniaga dalam kesempatan membuka workshop kepariwisataan itu mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata.
"Saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini membangun dan menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan pariwisata, serta terus menjaga potensi budaya dan wisata di daerah," ujar Moniaga.
Pemerintah kata Moniaga, hanya memfasilitasi perannya dengan masyarakat mendukung program Bupati Vonnie Panambunan dan Wakil Bupati Joppi Lengkong yaitu "Mari jo pasiar ka Minut.
"Pengembangan pariwisata adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu masyarakat dan pemerintah harus bersinergi meningkatkan peran serta kemitraan mengembangkan pariwisata,” ungkap Sekda.
Sekda mengatakan, mengembangkan pariwisata bukan hanya soal promosi, tetapi mempersiapkan fasilitas, sarana, prasana.
"Supaya wisatawan yang datang dan kembali pulang menjadi agen untuk membawa wisatawan ke daerah ini. Ini bukan saja jadi keuntungan pemerintah, tetapi mensejahterahkan masyarakat," kata Sekda.
Sementara itu Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Minahasa Utara Femmy Pangkerego dalam laporannya mengungkapkan pemerintah terus berupaya menumbuh kembangkan kepariwisataan.
"Melalui kegiatan ini memperkenalkan visi dan misi Bupati Vonnie Panambunan dan Wabup Joppi Lengkong, dengan harapan dapat mengelolah dengan baik pariwisata dan meningkatkan peran serta masyarakat, pelaku usaha kepariwisataan sebagai mitra pemerintah," ujar Pangkerego.
Pangkerego mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan para pelaku kepariwisataan, warga desa wisata, pelaku usaha wisata, pramusaji, paramuwisata, media massa untuk meningkatkan perekonomian daerah.
Workshop itupun berlangsung selama dua hari mulai tanggal 22 – 23 Juni dengan menghadirkan beberapa narasumber dintaranya Rensi Oscar Waney dari pengamat pariwisata.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024