Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado menegaskan komitmen menggelar tahapan pemilihan kepala daerah, sambil tetap mendukung kelestarian alam, seperti yang dilakukan saat pelaksanaan simulasi, yang tidak menggunakan wadah berbahan plastik. 

"Sebagai tanda kami mencintai alam dalam menggelar kegiatan, KPU Manado sudah mengurangi plastik atau less plastic, bahkan berkomitmen tidak menggunakannya," kata Sekretaris KPU Manado, Nofly Lendway, di Manado, Rabu. 

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan simulasi, pencoblosan dan rekapitulasi penghitungan suara, KPU membuat suasana yang nyaman dengan menyediakan bunga-bunga, serta semua yang bisa didaur ulang. 

Dia menyebutkan bunga-bungaan menjadi penghias semua kegiatan KPU meskipun saat itu, suasananya ramai, tetapi yang berkaitan dengan yang hijau tetap ada, semisal bunga-bunga. 

"Kami juga tidak lagi menggunakan air mineral dalam kemasan botol atau gelas plastik, tetapi pakai paper cup, agar tidak ada pencemaran lingkungan yang terjadi," katanya. 

Dia berharap dengan demikian, maka komitmen KPU yang ikut memelihara kelestarian lingkungan juga bisa dipertahankan, dan hal tersebut sudah ditegaskan kepada seluruh jajarannya. 

Sebisanya kata Nofly, semua kegiatan dan agenda di KPU Manado, tidak menggunakan gelas plastik, tetapi hanya gelar kertas, atau bahkan juga semua yang ada diwajibkan membawa tumbler atau wadah air minum sendiri. 

Dia berharap sikap ini akan terus dipelihara oleh semua jajaran KPU, karena kelestarian alam dan bumi ini, adalah tanggung jawab bersama sebagai yang mendiami bumi. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024