Manado (ANTARA) - Gubernur Olly Dondokambey saat menutup 'Discover North Sulawesi' di Jakarta mengatakan, pameran potensi daerah tersebut membawa energi mempromosikan potensi Sulawesi Utara.

"Kegiatan ini membawa semangat dan energi yang luar biasa dalam memperkenalkan Sulawesi Utara pada tingkat nasional maupun internasional," sebut Gubernur Olly di Jakarta, Rabu.

Gubernur mengatakan, selama satu bulan digelar 'Discover North Sulawesi' di Jakarta telah memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Tercatat nilai transaksi yang bergulir pada kegiatan Discover North Sulawesi yang telah berlangsung  6-30 September 2024 itu sebesar Rp6,5 miliar," katanya.

Artinya menurut Gubernur, dengan nilai transaksi sebesar itu telah menjadi bukti kemampuan daerah mendorong para pelaku UMKM yang berasal dari Manado yang ada di Jabodetabek mengembangkan usahanya.

"Mereka (pelaku UMKM) bisa bersama-sama dengan kita dalam rangka melaksanakan tugas tanggung jawab mereka di daerah perantauan. Mereka juga bisa melakukan hal-hal yang baik dan menjadi contoh bagi kita warga Sulawesi Utara," ujar Gubernur.

Dia mengatakan, 'Discover North Sulawesi' menjadi wujud komitmen dan dedikasi pemerintah provinsi dalam memajukan daerah dan membuka dunia luar untuk lebih mengenal potensi provinsi ujung utara Pulau Sulawesi tersebut.

Menurut dia, selama menggelar Discover North Sulawesi', telah disuguhkan berbagai keragaman budaya, kekayaan alam dan semangat berinovasi para pelaku UMKM untuk bersaing di pasar global.

Kabupaten dan kota memanfaatkan momentum 'Discover North Sulawesi' mempromosikan beragam potensi wisata, pertanian, perikanan dan kelautan, kebudayaan, kesenian yang ada di masing-masing daerah.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024