Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado menyatakan keempat bakal pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, mampu secara mental dan fisik dan memenuhi syarat (MS) dari sisi kesehatan untuk terus ikut dalam tahapan pemilihan kepala daerah. 

"Kami sudah menerima semua hasil pemeriksaan kesehatan, dari tim rumah sakit RSUP Kandou yang menyatakan delapan orang yang ikut dalam tes  dinyatakan mampu," kata Ketua Divisi Teknis KPU Manado, Hazrul Anom, saat menyerahkan berita acara kepada penghubung partai yang diawasi  Bawaslu Manado, di bawah pimpinan Heard Runtuwene, Manado, Sabtu. 
  Penyerahan berita acara hasil pemeriksaan kesehatan kepada LO bakal Paslon dan partai di KPU Manado. Antara/Joyce 

 Hazrul Anom, mengatakan, bahwa hasil pemeriksaan kesehatan yang diserahkan oleh tim  rumah sakit Kandou itu, telah diserahkan kepada penghubung masing-masing bakal pasangan calon dan partai pengusul. 

"KPU sudah membuat berita acara dan menyerahkan hasil kepada LO masing-masing yang menyatakan bahwa keempat bakal pasangan calon itu memenuhi syarat dari sisi kesehatan," katanya. 
  Penyerahan berita acara hasil pemeriksaan kesehatan kepada LO paslon dan partai, di KPU Manado. Antara/Joyce

Sebab itu, kata Hazrul Anom, keempat bakal pasangan calon tersebut harus melengkapi dan memperbaiki semua persyaratan administratif yang berkaitan dengan tes kesehatan tersebut. 

Didampingi Kasub Teknis, Liana Kasenda, Hazrul Anom mengatakan bahwa penyerahan tersebut dilakukan berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2024 Tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota Tahun 2024, PKPU Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Perubahan atas PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil Wali kota.

"Setelah penyerahan ini, semua bakal pasangan calon masih harus mengikuti sejumlah tahapan, sebelum KPU membuat pengumuman resmi tentang penetapan calon pada 22 September nanti," katanya. 
  Penyerahan berita acara hasil pemeriksaan kesehatan kepada LO paslon dan partai, di KPU Manado. Antara/Joyce  

Hazrul Anom menjelaskan, tahapan yang dimaksudkannya, antara lain adalah menerima tanggapan dari masyarakat tentang kegelapan orang yang akan berkontestasi pada 27 November nanti itu.

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024