Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara merangkul Komunitas Vespa Kotamobagu guna sosialisasikan tahapan pilkada gubernur dan wakil gubernur pada November nanti.

"Anggota Komunitas Vespa ini dapat menjadi duta pilkada yang menyebarkan informasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024," ajak Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan saat menutup acara tersebut di Kotamobagu, Minggu.

KPU, kata dia, berkomitmen terus melakukan sosialisasi serupa kepada berbagai komunitas dan kelompok masyarakat agar pilkada mendatang dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil.

"Terima kasih banyak kepada semua masyarakat Kota Kotamobagu, terlebih khusus Komunitas Vespa yang boleh mendukung kegiatan KPU Sulut dalam sosialisasikan Pilkada Tahun 2024," ujarnya. 

KPU Sulut mengharapkan peran aktif dari semua lapisan masyarakat untuk menyukseskan pilkada tersebut. 

"Gunakan hak politik kita pada 27 November 2024 dan tentukan pilihan kita berdasarkan rekam jejak, visi misi paslon untuk kemajuan Sulut," ujarnya. 

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan SDM KPU Sulut Awaluddin Umbola yang turut bergabung melalui zoom meeting mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan komunitas scooter sebagai upaya sosialisasi tahapan Pilkada serentak tahun 2024 di Sulawesi Utara yang tengah berjalan.

"Kami mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di segala lapisan masyarakat," ujarnya.

Ketua KPU Kotamobagu, Mishart Manoppo mengatakan, acara yang dipusatkan di Lapangan Universitas Dumoga Kotamobagu tersebut dihadiri oleh anggota komunitas Scooterist se Sulawesi Utara. 

"KPU Sulut dan KPU Kota Kotamobagu memang terus giat sosialisasikan seluruh tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 di agar bisa menjangkau seluruh segmentasi komunitas, seluruh stakeholder, seluruh lapisan masyarakat yang paling bawah," katanya. 

Pentingnya partisipasi para pihak tersebut, kata dia, agar bersama -sama dengan KPU Sulut dan KPU Kotamobagu mengedukasi, memberikan pelajaran, serta menginformasikan kepada seluruh warga negara mengambil peran turut serta menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak 2024. 

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan yaitu penampilan tarian kesenian daerah dari SDN 1 Bilalang, FunRun, Zumba, Sosialisasi dari beberapa narasumber, FunRide, dan penampilan dari beberapa band lokal. 

Narasumber yang berkesempatan hadir dalam kegiatan ini yaitu Asintel Kajati Sulut Marthen Tandi, Pegiat Pemilu Asep Sabar, Kasat Intelkam Polres Kotamobagu Victorrico A. Hartono, dan Anggota KPU Sulut, Awaluddin Umbola. 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024