Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw berharap pata kepala SMA/SMK/SMLB di daerah itu bisa tampil sebagai pemimpin yang bisa dipercaya.

"Seorang kepala sekolah dan kepala cabang dinas kalau tidak dipercaya oleh bawahan maka akan rusak institusi. Pemimpin harus dapat mewujudkan Good Governance dan Clean Government," kata Wagub Steven di Manado, Sabtu.

Wagub mengutip cerita Tiongkok kuno bahwa negara yang kuat terdiri atas tiga unsur yaitu angkatan bersenjata kuat, rakyat yang tidak kelaparan dan pemimpin yang dipercaya.

"Ada yang tanya, kalau dari tiga unsur ini bila disuruh memilih dua yang mana? Jawabnya adalah rakyat yang tidak kelaparan dan pemimpin yang dipercaya," kata Wagub.

Muncul lagi pertanyaan, bila dari dua unsur itu dipilih satu, mana yang akan dipilih?

"Jawabannya mutlak, pemimpin yang dipercaya," katanya.

Menurut Wagub keenam tersebut, semua adalah pemimpin dan seorang pemimpin harus dipercaya.

"Jadi pemimpin yang baik bukan pemimpin yang ditakuti, bukan pula pemimpin yang dihormati, dipuja-puja. Tetapi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dipercaya," ujarnya.

Seorang kepala sekolah, kata Wagub Steven harus memenuhi tiga indikator dalam melaksanakan tugasnya.

Pertama, aksesibilitas atau mudah dijangkau, siapa saja bisa dengan mudah mengakses dana bantuan operasional siswa (BOS), tidak ada yang ditutup-tutupi.

Kedua, akuntabilitas dimana alokasi anggaran harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya dan tidak disalahgunakan.

"Dari lubuk hati paling dalam jangan pernah ada lagi pengelolaan keuangan yang tidak dipertanggungjawabkan karena dipakai sesuai perut sendiri," kata Wagub mengingatkan.

Ketiga, presisi atau tepat sasaran pengelolaan anggaran sehingga memberikan hasil dan manfaat, katanya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024