Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado mengakui hingga mendekati akhir rekapitulasi di tingkat kecamatan, belum ada potensi pemungutan suara ulang (PSU).             

"Sebagaimana hasil pantauan kami, sejak awal pleno rekapitulasi baik di TPS sampai kecamatan hingga hari ini, belum ada potensi ataupun rekomendasi PSU yang muncul," kata Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, di Manado, Selasa. 

Ferley Kaparang menjelaskan, melihat kondisi yang benar terjadi di lapangan, sejak awal koordinasi PPK dengan Panwascam, lalu PPS, Panwaslur, KPPS hingga PTPS semuanya tetap sesuai dengan koridornya. Ketika ada kekeliruan langsung diselesaikan sampai tuntas, sehingga belum ada rekomendasi seperti itu. 

"Kami sudah mengingatkan seluruh jajaran di bawah, baik KPPS, PPS hingga PPK, agar yang bisa diselesaikan harus dituntaskan di tempat, jangan lagi dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi," kata Kaparang, yang didampingi Kadiv Parmas, Ramly Pateda 

Tetapi mantan Direktur LBH Pers Manado itu menegaskan, sudah mengingatkan semua jajarannya wajib memperhatikan dengan seksama persoalan yang terjadi, semuanya harus diselesaikan dengan benar.

"Semua persoalan harus diselesaikan sesuai dengan aturan yang ada. Karena kalau tidak ikut aturan, maka bisa menimbulkan masalah yang baru, sebab masyarakat akan berpikir ada sesuatu," katanya. 

Dia menegaskan, KPU tidak mau ada tudingan main mata dengan pengawas, apalagi tahapan PSU itu sudah lewat jadi diharapkan jangan sampai terjadi. 

Kaparang mengakui, KPU optimis, tidak akan ada rekomendasi PSU di Kota Manado, karena semua pihak berusaha 'on the track', dan berharap itu akan . 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024