Manado (ANTARA) - Kementerian Agama bersama Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) melakukan penguatan moderasi beragama bagi masyarakat di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Moderasi beragama sebenarnya sudah ada dalam warisan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia, termasuk di daerah kita ini," Kepala Kantor Kemenag Bitung H Yahya W Pasiak, di Bitung, Kamis.

Dia mengatakan, untuk Provinsi Sulawesi Utara sendiri, salah satu kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama ialah falsafah "torang samua basudara" (kita semua bersaudara).

"Di dalam falsafah itu sudah terkandung nilai-nilai toleransi, cinta tanah air, serta kerukunan," jelasnya.

Selanjutnya Pasiak juga menegaskan bahwa sangat penting bagi para tokoh agama untuk memiliki pemahaman moderasi beragama, karena menurut dia para tokoh agama memiliki peranan krusial dalam memberikan pengajaran agama kepada masyarakat.

Kegiatan yang diadakan oleh BKSAUA Kota Bitung ini dihadiri oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Bitung Pdt Robby Kawengian, pimpinan dan pengurus BKSAUA Kota Bitung, serta pengurus beberapa organisasi keagamaan di Kota Bitung.

Pada kegiatan bertajuk "Merajut dan Merawat Moderasi Beragama di Kota Bitung" Itu Kakan Kemenag didaulat sebagai narasumber yang menyampaikan materi penguatan moderasi beragama kepada para peserta yang hadir.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024