Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap bunda-bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ikut berperan menurunkan angka prevalensi stunting di provinsi tersebut.

"Suksesnya bangsa dan negara, suksesnya pemerintahan di Kabupaten Bolaang Mongondow sangat bergantung dari peran ibu-ibu pengurus PAUD," kata Olly di Kota Kotamobagu, Kamis.
  Gubernur Olly Dondokambey bersama jajaran Bunda PAUD dan Forkopimda. ANTARA/HO-DKIPS
Peran ibu-ibu PAUD dalam menurunkan angka stunting, menurutnya, sangatlah berat karena berkaitan dengan kesiapan menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Tugas kita bersama, termasuk ibu-ibu PAUD, adalah menyiapkan generasi mendatang sebagai generasi yang siap berkompetisi dengan siapa pun baik internal maupun eksternal," kata Gubernur Olly .

Mencegah stunting, kata dia,  dapat dilakukan dengan memberikan asupan gizi mulai dari bayi hingga usia lima tahun.

"Harus betul betul dijaga sejak dini agar menjadi anak yang siap menghadapi tantangan di masa depan," ujarnya.
  Gubernur Olly Dondokambey bersama jajaran Bunda PAUD dan Forkopimda. ANTARA/HO-DKIPS
Gubernur mencontohkan India yang dengan bonus demografi berhasil membuat mereka yang berusia 17 tahun ke atas menjadi anak-anak yang produktif dengan penghasilan tinggi.

Menurutnya, kondisi itu bisa terjadi apabila ada kesadaran pemerintah dan masyarakat bahwa mengubah suatu negara dimulai dengan mengubah anak-anak.

"Ibarat dengan sebuah rumah ketika fondasinya kuat, gempa sekalipun tidak akan goyah, bangunan akan teguh berdiri. Begitupun dengan kehidupan kita, apabila dipelihara sejak awal, sejak merencanakan kehamilan, menjaga proses pertumbuhan, pasti akan menjadi anak-anak yang siap bersaing," ujarnya.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, angka prevalensi stunting provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut mencapai 20,5 persen. Pemerintah daerah Sulut menargetkan penurunan angka stunting hingga di bawah 14 persen di tahun ini. **AdvertorialKominfo**
  Gubernur Olly Dondokambey bersama jajaran Bunda PAUD dan Forkopimda. ANTARA/HO-DKIPS   Bunda PAUD Sulut Ny. Rita Tamuntuan. ANTARA/HO-DKIPS   Bunda PAUD Sulut Rita Tamuntuan melantik Bunda PAUD Kabupaten Bolmong. ANTARA/HO-DKIPS   Gubernur Olly Dondokambey bersama jajaran Bunda PAUD dan Forkopimda. ANTARA/HO-DKIPS Gubernur Olly Dondokambey. ANTARA/HO-DKIPS

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024