Manado (ANTARA) - Komisioner Bawaslu Kota Manado bersama Wali Kota Andre Angouw, Kajari, Kapolres dan Dandim 1309/Manado, menggelar deklarasi kampanye damai dan tolak politik uang, juga sosialisasi kepada para pemangku kepentingan di hotel sintesa peninsula, Manado, Jumat.

"Deklarasi damai pemilu damai berintegritas, merupakan sarana untuk kita mengajak seluruh masyarakat berkomitmen menjaga pelaksanaan pemilu agar berlangsung aman dan kondusif," kata Ketua Bawaslu Manado, Brillian Maengko, saat membuka deklarasi damai. 

Dua komisioner Bawaslu Manado lainnya yakni Heard Runtuwene dan Abdul Gafur Subaer, serta jajaran pengawas pemilu hadir di kegiatan itu. 
  Pencanangan kampanye pemilu damai (Foto ANTARA/Joice)

Maengko mengatakan deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan Bawaslu Manado, adalah untuk menyatukan persepsi tentang proses pelaksanaan pemilu yang menjadi tanggung jawab bersama. Sebab kampanye damai bukan hanya tanggung jawab Bawaslu dan jajarannya, tetapi semua pihak termasuk pemerintah dan tokoh agama. 

Maka dia mengajak seluruh peserta pemilu, pemerintah dan semua elemen masyarakat harus berperan aktif dan ambil bagian untuk suksesnya pemilu 2024. 

"Harapan dengan adanya deklarasi pemilu damai dan integritas hari ini, dapat menciptakan suasana kondusif bagi seluruh proses pelaksanaan pemilu 2024 di kota Manado, apalagi saat ini sedang dalam tahapan kampanye yang dimulai 8 November lalu masih aman dan damai," katanya. 

Sementara Kanit Intel Kejari Manado, Hijran Safar, mewakili Kajari Manado, mengatakan bahwa pemilu adalah perintah pasal 1 UUD 1945, sehingga Indonesia dikenal sebagai negara demokrasi. 
  Pencanangan kampanye pemilu damai (Foto ANTARA/Joice)
"Sebagai negara demokrasi maka rakyat punya hak dan kewajiban memilih pemimpin secara demokrasi yang akan membantu pemerintahan untuk mengurus dan melayani masyarakat dan memilih wakil rakyat untuk mengawasi jalannya pemerintahan," katanya. 

Di sisi lain, dia mengakui dengan jumlah penduduk yang lebih dari 200 juta, maka akan sulit mencegah dan menindak sengketa yang berpotensi konflik horisontal, jadi mengimbau semua proses termasuk kampanye dilakukan damai dan tanggung jawab. 

Sementara Kasat Reskrim Polresta Manado, Kompol. Maydiana Sitepu, mengatakan, kepolisian dalam tupoksi sebagai bagian pengamanan, siap mendukung jalannya pesta demokrasi 2024, sehingga berjalan tanpa ada halangan dan gangguan apapun juga.  Pencanangan kampanye pemilu damai (Foto ANTARA/Joice)
Kompol Maydiana Sitepu juga mengajak semua melaksanakan tugas masing-masing, dan Polresta Manado siap mendukung dan mengamankan jalannya pemilu 2023. 
 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024