Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyebutkan penerapan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan mengoptimalkan kinerja pemerintah.

"Ini akan sangat membantu dalam mengoptimalkan kinerja pemerintah serta pelayanan terhadap masyarakat," kata Gubernur Olly, Selasa.

Gubernur Olly menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional yang digelar di Hotel Mulia Jakarta.

Menurut Gubernur, pelaksanaan Rakornas SPBE ini sesuai dengan amanat pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

"Kegiatan ini membicarakan soal langkah-langkah yang akan diambil Kementerian Kominfo selaku penanggungjawab penyelenggara infrastruktur SPBE nasional dan sebagai koordinator keterpaduan pembangunan dan pengembangan aplikasi," katanya menjelaskan.

"Juga dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam pelaksanaan peningkatan infrastruktur SPBE nasional dan aplikasi SPBE, mengkoordinasikan dan membantu keterpaduan dan pengembangan aplikasi instansi pemerintah, serta menyiapkan teknologi pendukung lainnya seperti Big Data Analytic, Artificial Intelligence, Metaverse dan SuperApp," terang Gubernur.


Tentunya, kata Gubernur Olly, pihaknya akan menggenjot dan mendukung terealisasinya program ini di seluruh pemerintahan di Sulut.

Adapun Rakornas yang digelar Kemenkominfo-RI yang akan berlangsung hingga Kamis (19/10)  ini, diikuti seluruh jajaran kementerian, badan pemerintahan, gubernur hingga bupati/wali kota se-Indonesia.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024