Manado (ANTARA) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara  (Minut) menggelar Kurasi UMKM, khususnya untuk kembangkan UMKM di kabupaten tersebut.

"Untuk kegiatan kerja sama ini cukup bagus, karena dapat mengembangkan UMKM," ujar Sekretaris Daerah Minahasa Utara Novly Wowiling, Rabu.

Wowiling menambahkan Alfamart memiliki gerai yang cukup banyak di Minahasa Utara maupun di kabupaten atau kota lainnya. Sehingga merupakan peluang potensial untuk mengembangkan usaha UMKM untuk pemasaran.

Oleh karena itu, Kurasi  UMKM yang digelar Alfamart sangat bagus, karena bisa menjadi pengetahuan bagi UMKM untuk bisa masuk ke pasar Alfamart. "Kami sebagai pemerintah memberikan fasilitasi, sedangkan untuk teknisnya nanti antara pelaku UMKM dan Alfamart," ungkapnya.

Pemerintah Minahasa Utara memberikan perhatian penuh untuk kemajuan UMKM. Hal ini dilakukan agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan daerah lain.

Kepala Dinas Perdagangan Minahasa Utara Maximilian Tapada mengungkapkan kegiatan kurasi produk UMKM yang dilakukan diharapkan menjadi jalan bagi pengembangan produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha dengan pasar yang lebih luas lagi.

Regional Coorporate Communication Manager Alfamart Budi Santoso mengatakan kehadiran Alfamart  diharapkan bisa memberikan sumbangsih kepada produk UMKM Minahasa Utara dalam hal membantu pemasarannya. Namun tentu saja melalui standarisasi yang telah ditentukan.

"Jadi, produk yang pasarkan memang memenuhi syarat yang diperlukan," katanya.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Bapelitbang Pemda Minahasa Utara Manager MD Alfamart Cabang Manado Giffar Masabih menjelaskan alur dan syarat untuk produk UMKM dapat dipasarkan ke Alfamart. Puluhan pelaku UMKM yang hadir tampak antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, Kepala Dinas Tenaga Kerja  Edwin W Ombuh.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024