Manado (ANTARA) - Pemerintah telah memprogramkan revitalisasi Pasar Airmadidi di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara agar aktivitas jual dan beli barang kebutuhan masyarakat menjadi lebih baik dan nyaman.

Kepala Dinas Perdagangan Minahasa Utara Maxmilian Tapada, di Minahasa Utara, Selasa, mengatakan langkah-langkah terus dilakukan untuk pelaksanaan revitalisasi pasar itu.

"Telah melaksanakan pertemuan dengan masyarakat untuk sosialisasi revitalisasi pasar itu," katanya.

Dia mengatakan sejumlah pertemuan telah dilakukan dengan pedagang untuk pelaksanaan revitalisasi itu.

Di pasar itu terdapat sekitar 916 pedagang dan sosialisasi kepada ratusan pedagang itu telah dilakukan.

Begitu juga komunikasi terus dilakukan baik dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun Kementerian PUPR RI maupun Kementerian Perdagangan RI.

"Komunikasi terus kita bangun, dengan melaksanakan rapat-rapat atau pertemuan," kata dia.

Pada pekan lalu, ada kunjungan dari Kementerian PUPR RI khususnya Direktorat Prasarana Strategis, yang turun langsung melihat kondisi pasar tersebut.

Dari kegiatan turun langsung itu, katanya, kesimpulannya pasar tersebut layak untuk dibangun.

Walaupun sebenarnya mau tidak mau itu dilakukan, karena sudah merupakan perintah Presiden pasar tersebut memang harus dibangun.

"Tetapi setelah mereka menguji kelayakan, mereka menyampaikan harus dibangun karena kondisi pasar memang sangat dibutuhkan pembangunan. Tentunya ini sangat membantu bagi pedagang yang ada di Minahasa Utara," katanya.

Terkait rencana revitalisasi, dia mengatakan sebagaimana penyampaian PUPR, karena anggaran itu dari PUPR pendanaan dari pusat.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yakni persiapan UPL UKL, sosialisasi dan persiapan tempat relokasi.

"Tetapi untuk prasarana dari PUPR. Mereka akan melaksanakan pelelangan dan saat ini sudah masuk dalam tahap perencanaan, sesudah itu pelelangan dan akan ditetapkan kapan itu dimulai, tetapi yang pasti itu tahun ini segera dimulai," katanya.

Dia menambahkan luas area pasar saat ini sekitar 5.920 meter persegi.

Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sulawesi Utara pada Januari 2023, Presiden sempat meninjau sejumlah pasar tradisional di provinsi tersebut.

Pasar yang dikunjungi masing-masing Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado dan Pasar Airmadidi Minahasa Utara.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024