Manado, 14/9 (AntaraSulut) - Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang mengimbau petani di Minahasa untuk menguasai informasi teknologi (IT) dengan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.

"Dengan menguasai IT, petani akan menambah pengetahuan tentang pertanian agar bisa lebih maju dan terampil," kata Ivan, di Tondano, Minggu.

Kata Ivan, lewat pencanangan dan penanaman jagung, padi ladang dan kedele yang dilaksanakan Dinas Pertanian Provinsi Sulut di Kelurahan Tonsaru Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa, dapat memotivasi petani di daerah tersebut untuk terus berinovasi.

Ivan mengatakan bahwa saat ini semua informasi tentang pertanian dan cara pembudidayaan tanaman bisa kita peroleh melalui internet, untuk itu petani diharapkan mampu menguasai IT agar kedepan petani di Minahasa bisa menjadi petani yang handal dan profesional sehingga hasil pertanian akan lebih meningkat.

Asisten II Sekdaprov Sulut Sanny Parengkuan mengharapkan agar program ini mendapatkan respon dari seluruh petani, dan menumbuhkan minat masyarakat untuk menanam kedele sehingga kedepan Minahasa mampu memproduksi kedele sendiri dan tidak lagi membeli dari daerah lain.

"Sektor pertanian saat ini memegang peranan penting karena sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani, untuk itu pemerintah provinsi sangat konsen dalam membangun sektor pertanian sebagai salah satu sektor unggulan di bumi nyiur melambai," kata Parengkuan.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Sulut Johanis Palenelwen, Kepala BP4K Minahasa Subhan Torar, Kepala Dinas pertanian Minahasa Revly Mambu, Kaban Ketahanan Pangan Yunus Runtukahu dan pejabat lainnya.

Dilakukan pula pemberian bantuan pupuk, benih dan hand tracktor, serta pemberian bantuan untuk penyuntikan rabies yang akan dilakukan di Tataaran Dua Kecamatan Tondano Selatan.

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024