Manado (ANTARA) - DPRD Manado, Selasa, menggelar dua rapat paripurna, di ruang rapat paripurna, dipimpin Ketua Dra. Aaltje Dondokambey, Apt, didampingi Wakil Nortje Henny Van Bone, dihadiri Wakil Wali Kota, dr.Richard Sualang, Forkopimda, dan 33 legislator. 

"Rapat paripurna hari ini dilaksanakan dengan agenda penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) 2023, rencana kerja tahunan DPRD 2023, penandatangan SK Persetujuan DPRD atas pinjaman pemerintah Manado kepada BSG," kata Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey, dalam rapat paripurna di ruang paripurna DPRD Manado, Selasa. 

Kemudian, Dondokambey mengatakan, paripurna kedua yang digelar adalah, pembicaraan tingkat I Ranperda pajak dan retribusi daerah dengan agenda penyampaian penjelasan wali kota Manado dan pemandangan umum fraksi.  Paripurna DPRD Manado, Selasa (24/1). (Jo/Antara) (1)
Dondokambey juga menyampaikan ucapan selamat hari raya, kepada warga Manado, yang berhari raya Imlek 2574 Kongzili, termasuk Wali Kota Manado, Andrei Angouw dan keluarganya yang berhari raya Imlek. 

Diapun berharap, pergantian tahun baru Imlek, akan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Manado. Dengan harapan adanya kebangkitan ekonomi setelah keterpurukan yang disebabkan pandemic COVID-19, meskipun masih dilanda pesimistis karena ancaman resesi ekonomi dunia.  Paripurna DPRD Manado, Selasa (24/1). (Jo/Antara) (1)
Dalam kesempatan itu, Dondokambey juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Manado. Karena mampu mensinergikan program sehingga menyukseskan agenda nasional kunjungan Presiden RI, Joko Widodo di Manado selama dua hari. 

Dondokambey pun menyampaikan suara hati rakyat Manado yang sangat senang dengan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo, yang bahkan berkesempatan untuk mengunjungi
 pasar Pinasungkulan Manado.
  Paripurna DPRD Manado, Selasa (24/1). (Jo/Antara) (1)
Dalam paripurna itu, Ketua Bapemperda Manado, Sonny Lela, S.Sos, menyampaikan usulan Ranperda yang akan ditetapkan untuk tahun 2023, yang pada dasarnya harus bersesuaian dengan aturan yang lebih tinggi. 

Dia menyampaikan ada sejumlah aturan yang ditarik maupun ditetapkan, mengikuti kebijakan Menteri yang menarik aturan yang ada, atau gubernur sebagai wakil pemerintah di daerah. 
  jajaran staf pemeritah kota Manado yang mengikuti paripurna (1)
Dia mengatakan, berdasarkan kesepakatan DPRD dengan Sekretaris daerah, maka ada 12 Ranperda yang masuk dalam Propemperda DPRD Manado 2023, dengan rincian tiga inisiatif DPRD dan 9 usulan pemerintah.

(LIPUTAN KHUSUS) 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024