Manado (ANTARA) - Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Manado, melakukan  Computer Assisted Test (CAT) bagi sekitar 500 calon panitia pemungutan suara (PPS) kelurahan di daerah tersebut. 

"Sebagaimana jadwal, tes tertulis sudah dimulai tanggal 10, dan dilaksanakan di TIK Universitas Sam Ratulangi," kata Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor di Manado. 

Dia mengatakan tes dilaksanakan selama tiga hari, karena pertimbangan jumlah peserta yang banyak, sehingga tak bisa dilaksanakan sekaligus, jadi dibagi menjadi tiga hari pelaksanaan.  Tes CAT di TIK Unsrat Manado (jo/ANTARA) (1)  
Sementara Kordinator Divisi Parmas KPU Manado, Ismail Harun, mengatakan tes CAT PPS dilaksanakan per kecamatan, untuk hari pertama adalah giliran kecamatan Tuminting, Bunaken, Bunaken Kepulauan dan Singkil, dengan dispensasi bagi yang berasal dari pulau. 

"Kami memberikan dispensasi bagi yang dari kepulauan, karena cuaca ekstrem, sedangkan lainnya wajib datang sesuai dengan waktu yang ditentukan," katanya. 

Sedangkan untuk hari kedua, kata Ismail, adalah empat kecamatan dan hari terakhir tiga kecamatan dan masing-masing calon diberikan waktu 90 menit untuk menjawab 75 soal.  Tes CAT di TIK Unsrat Manado (jo/ANTARA) (1)
Total nilai yang akan didapatkan peserta adalah 150 jika menjawab semua dengan benar, karena bobot nilai tiap soal itu berbeda, ada yang dua dan tiga. 

Mengenai jumlah peserta setiap kecamatan, yang ikut tes maksimal adalah sembilan orang. Namun ada juga yang mendaftar di bawah sembilan orang padahal kebutuhan maksimal untuk satu kecamatan adalah sembilan orang. 

Ismail mengatakan, nanti setelah CAT masih ada tes yang akan dilakukan lagi, yakni untuk wawancara yang akan dilakukan oleh PPK dalam pemantauan KPU Manado, untuk calon yang dinyatakan lolos. ** 
        

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024