Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Drs Mulyatno SH MH, Rabu (13/07), memberi materi dalam penguatan pembinaan ideologi Pancasila bagi Jejaring Panca Mandala (JPM) se-Sulut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Luwansa Manado ini dihadiri sejumlah direktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), serta JPM se-Sulut yang terdiri dari lima unsur diantaranya dunia pemerintah, pendidikan, dunia usaha, pers dan ormas.

Materi yang disampaikan terkait peran masyarakat dalam menjaga ideologi Pancasila dalam perspektif empat Konsensus Dasar Bangsa (KDB). Diantaranya  terkait wawasan kebangsaan dalam menjaga ideologi Pancasila, serta nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan.

"Hakikat nilai-nilai adalah nilai-nilai yang disepakati dan dipandang baik yang secara intrisik melekat pada diri setiap warga negara, berupa norma dan etika yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia yang bersumber dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika," kata Kapolda.

"Pancasila adalah ideologi yang paling sempurna dan tidak ada ideologi yang sempurna seperti Pancasila. Sehingga Ini kita harus jaga dan pertahankan sampai titik darah penghabisan," katanya lagi.

Jenderal bintang dua ini diberikan kesempatan membawakan materi selama satu jam, serta sesi tanya jam kurang lebih 30 menit.

Pewarta : Stenly Rein Mes Gaghunting

Copyright © ANTARA 2024