Manado, (Antara Sulut) - Seluruh calon haji asal Sulawesi Utara dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci, Makkah, mulai 27 September hingga 1 Oktober 2012 melalui embarkasi Sepingan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Kita bersyukur dan bangga hati karena tahun ini jemaah calon haji asal Sulut berada pada gelombang pertama, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat dan lima, yang Insya Allah berangkat lebih awal, yaitu 27 September hingga 1 Oktober 2012 melalui embarkasi Balikpapan," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sulut H Sya`ban Mauluddin di Manado, Kamis.

Menurut dia, sesuai "qur`ah kloter" yang dilakukan beberapa waktu lalu bersama Provinsi Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur, dimana calon haji Sulut ditetapkan keberangkatannya ke Tanah Suci mulai 27 September hingga 1 Oktober, sedangkan provinsi lainnya akan menyusul.

Mauluddin mengatakan, jumlah calhaj Sulut sebanyak 700 orang dan hingga kini belum mengalami perobahan atau ketambahan dari

Kementerian Agama pusat, namun demikian dia berharap adanya penambahan quota sehingga jamaah haji Sulut bisa dibangkatkan semuanya.

"Kami berharap adanya penambahan quota dari Kementerian Agama Pusat sehingga daftar tunggu akan semakin berkurang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Haji Kemenag Sulut H Abdul Azis Tegela mengimbau kepada para calon haji yang akan berangkat

tahun ini supaya segera melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) melalui bank bersangkutan.

"Kami imbau kepada seluruh calon haji tahun 2012 ini agar sesegera mungkin melunasi biayanya karena dalam waktu dekat ini akan dilakukan evaluasi bagi yang belum melunasi BPIHnya", kata Tegela. @antarasulutcom.

Pewarta : Guntur Bilulu
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024