Manado, (Antara News) - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Raudlatul Jannah bersama ratusan umat Islam mendoakan kepada  tokoh agama  Manado, Ustadz  Lubis Yunus yang juga Imam Masjid Ath Tijjarah kompleks Pasar Bersehati yang akan menunaikan Ibadah Haji di Baitullah, Al Makkahtul Mukaramah.

Ketua KBIH Raudlatul Jannah, H. Sance Husain pada Walimatu Saffar (mendoakan perjalanan haji), Selasa di Manado mengatakan, jutaa umat Islam sangat merindukan  pergi ke Baitullah untuk beribadah haji,  menyempurnakan  Rukun Islamnya yang  Kelima di tanah suci haram itu.

“Seluruh umat Islam setiap tahun merindukan pergi haji, tetapi hanya segelintir orang yang dipilih oleh Allah SWT untuk menunaikannya dan Ustadz Lubis Yunus ini merupakan salah satu pilihan Allah dimusim haji tahun 1432 Hijiriah ini, ”, kata Sance Husain.

Sance menjelaskan,  sudah tiga tahun berturut-turut Ustad Lubis menunggu panggil berhaji ini dan  menjadi peserta aktif dalam pelaksanaan Manasik (pelatihan) Haji di KBIH Raudlatul Jannah dan Alhamdulillah baru  tahun 2011 ini dapat terpenuhinya, namun  dia  tetap bersabar dan Istiqomah (pendirian diri) menunggu datangnya panggilan berhaji ini, jelasnya.

Sance berharap kepada tokoh agama Manado yang satu ini dapat menjaga  stamina dari hal-hal yang dapat mengganggu ibadah hajinya, terutama masalah kesehatan diri karena ibadah haji tersebut memerlukan kondisi fisik  yang prima.

Sementara itu, Pembimbing Ibadah Haji pada KBIH Raudlatul Jannah, H. Karim Busalo mengatakan, setiap tahun pihaknya melakukan pembimbingan ibadah haji bekerjsama Kementerian Agama (Kemenag) Manado maupun  Sulut dan untuk musim haji tahun 2011 ini sebanyak 87 Calhaj telah siap menunaikan ibadah haji.

“Setiap tahunnya KBIH Raudlatul Jannah merekrut sebanyak-banyak Calhaj untuk dibimbing dan dilatih melakukan ibadah haji dan syukur Alhamdulillah tahun ini sebanyak 87 orang yang sudah siap diberangkatkan bersama rombongan haji dari Sulut”, katanya.

Acara  Walimatu Saffar tersebut diisi dengan ceramah agama, dibawakan Ustad Drs. H. Yosep Anis yang menjelaskan mengenai tata tertib pelaksanaan ibadah haji baik sebelum berangkat dan kembali ke tanah air dengan selalu menjaga kekhusuaan ibadah,  ahlaqul karimah, dengan demikian dia menjadi haji yang “Mabrur” (Haji yang diterima amalannya oleh Allah SWT.

“Tiada balasan bagi  haji yang Mabrur, selain surganya Allah SWT sebagaimana telah Allah janjikan”, ucap Anis.

Acara Walimatu Saffar  tersebut penuh keharuan, tatkala kalimat Talbiah didengungkan oleh segenap jamaah yang hadir pada acara tersebut dan bahkan sejumlah jamaah meneteskan air matanya.


Pewarta : Guntur Bilulu
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024