Tomohon (ANTARA) - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) bertambah sebesar Rp101,49 miliar, kata Wali Kota Caroll JA Senduk.

"Dalam rancangan perubahan saat ini, secara keseluruhan belanja daerah sebelum perubahan berada pada angka Rp657.102.505.782, dan setelah perubahan menjadi Rp758.596.369.433, dengan kata lain terjadi penambahan anggaran sebesar Rp101.493.863.651," sebut Wali Kota di Tomohon, Jumat.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut mengikuti paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan penjelasan pemerintah kota mengenai rancangan perubahan KUA (Kebijakan Umum Anggaran) dan rancangan perubahan PPAS (Prioritas Plafon Anggaran Sementara) APBD Tahun Anggaran 2021.

Wali Kota berharap, rancangan ini dapat memantapkan prioritas pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan yang telah ditetapkan melalui penajaman target prioritas kinerja program kegiatan tiap-tiap perangkat daerah.

Selain itu, mampu menjawab berbagai dinamika pembangunan serta segala tuntutan perubahan maupun percepatan yang dibutuhkan.

Rancangan perubahan KUA-PPAS tahun anggaran 2021 ini, lanjut Wali Kota memperhatikan berbagai hal serta menyesuaikan dengan dinamika perkembangan dan perubahan yang terjadi.

"Tujuannya untuk memaksimalkan pencapaian target prioritas pembangunan daerah yang belum tercapai atau yang belum terealisasi sesuai yang diharapkan pada sisa tahun anggaran berjalan, serta mencermati hasil audit laporan keuangan tahun anggaran 2020," jelasnya.

Dia berharap, rancangan perubahan ini dapat berproses baik sesuai harapan bersama lewat tahapan dalam pembahasan anggota DPRD, dan nantinya akan bermuara pada penandatanganan nota kesepakatan antara pihak eksekutif dan legislatif atas rancangan perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021.

"Dengan komitmen yang kita bangun bersama ini, serta atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, kami berkeyakinan bahwa tujuan kita bersama akan terwujud," ujarnya. ***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024