Manado (ANTARA) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara Diano Tino Tandaju optimistis program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) mampu mewujudkan keluarga berkualitas di daerah itu.

"Kami menaruh harapan yang besar agar program Bangga Kencana mampu dijalankan dengan baik di seluruh tingkatan wilayah," katanya pada Rakorda Bangga Kencana di Kabupaten Minahasa, Kamis (8/4).

Apabila program ini dilaksanakan secara maksimal, dia optimistis keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang dapat mendorong terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

"Kami yakin dukungan kuat dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw serta seluruh pemangku kepentingan program Bangga Kencana di Provinsi Sulut dapat berjalan dengan baik dan sukses," katanya.

Ia menjelaskan rakorda salah satu wujud keseriusan BKKBN melaksanakan visi dan misi program Bangga Kencana, momentum meningkatkan upaya dan strategi dalam percepatan implementasi program Bangga Kencana dan penurunan kekerdilan melalui lintas sektor di masa pandemi COVID-19, dan momentum refleksi serta mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan 2020.

Diano menambahkan pada 2020 memang masih ada beberapa target yang belum tercapai sehingga harus segera ditindaklanjuti dengan berbagai percepatan program dan kegiatan prioritas.

"Ini tidak hanya pada level pemerintah provinsi saja, tetapi justru bagaimana implementasi di ujung tombak, di lini lapangan yang secara langsung dapat memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini, katanya, diperlukan strategi dan upaya-upaya yang efektif serta tepat sasaran sehingga program Bangga Kencana dapat berjalan dengan mantap.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024