Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), mensinergikan rencana program dan pembangunan melalui diskusi grup terarah (FGD) pramusrenbang, sebut Penjabat Sekdakot Jemmy Ringkuangan, Selasa.

"Rakor Perencanaan Pembangunan Pramusrenbang RKPD Kota Tomohon tahun 2022 dalam format FGD merupakan forum pemantapan persiapan pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kota dalam rangka sinergitas program dan kegiatan pembangunan," ujar Sekdakot Jemmy di Tomohon.

Dia berharap dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang akan disusun dapat menjamin tercapainya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Dokumen ini juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yang terdiri dari kebijakan umum APBD (KUA), prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) serta rencana kerja anggaran (RKA) perangkat daerah.

Dia berharap, rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen RKPD nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program aksi pembangunan yang disepakati.

Selain itu, memperhatikan berbagai pokok-pokok pikiran dari para pemangku kepentingan, begitu juga pokok-pokok pikiran DPRD dalam rangka menuntaskan berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

"Perangkat daerah terkait diharapkan dapat mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat dan terencana dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap," harapnya.

Pemantapan RKPD ini, lanjut dia, sangat diperlukan peran aktif setiap delegasi kecamatan untuk memberikan usulan-usulan masyarakat berdasarkan hasil musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan yang sudah diinput dalam sistem informasi pemerintah daerah yang adalah aplikasi langsung dari Kementerian Dalam Negeri RI.

"Tahapan penyusunan dokumen RKPD Kota Tomohon tahun 2022 saat ini sudah berbasis elektronik (e-Planning) termasuk e-Pokir atau pokok-pokok pikiran DPRD yang juga diinput dalam aplikasi SIPD," katanya lagi.

Dia berharap dalam pramusrenbang akan menentukan skala prioritas yang lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang disesuaikan dengan visi dan misi serta program unggulan dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk dan Wenny Lumentut.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024