Tomohon (ANTARA) - Johny Runtuwene dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menggantikan Caroll Senduk.

Senduk sendiri mencalonkan diri dan terpilih sebagai Wali Kota Tomohon.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut dilantik dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Djemmy J. Sundah, sementara pengucapan sumpah/janji oleh Ketua PN Tondano St. Iko Sudjatmiko, SH MH, dan dikukuhkan oleh rohaniawan Pdt. Senduk GA Roeroe, MTh.

"Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dewasa ini eksistensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan mengingat DPRD selain merupakan unsur penyelenggaraan pemerintah daerah juga sebagai representasi rakyat daerah," ujar Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman di Tomohon, Sabtu.

Karena itu menurut dia, DPRD harus dapat memperlihatkan kinerja dan sinergitas yang optimal.

"Kami juga menyampaikan harapan, agar pimpinan DPRD yang baru dapat memberikan kontribusi serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, beserta seluruh masyarakat Kota Tomohon," ujarnya.

Wali Kota optimistis dengan pengalaman yang dimiliki, pimpinan DPRD akan optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban serta mampu menjadi nakhoda untuk terus menampilkan kinerja yang baik, yang mampu mendukung gerak langkah pembangunan di kota sejuk Tomohon.

Wali Kota berharap, dari momentum pelantikan ini diharapkan kemitraan antara pemerintah daerah dan DPRD yang telah terjalin sinergi selama ini, akan terus berjalan dalam rangka gerak pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, serta terus mengalirkan energi positif dalam kerangka mantapnya pencapaian visi dan misi Kota Tomohon.

"Kami juga berharap terjaganya eksistensi Tomohon sebagai kota pariwisata dunia yang mengedepankan protokol kesehatan dan pelestarian alam bagi kesejahteraan rakyatnya," harap Wali Kota.

Dia juga berharap adanya ide dan inovasi cemerlang dari pimpinan bersama semua anggota dewan untuk membangun Kota Tomohon yang semakin maju sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah.

"Karena itu ketua dan wakil ketua serta anggota DPRD diharapkan memiliki hubungan yang bersinergi dan harmonis," harap Wali Kota.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024