Manado (ANTARA) - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado melakukan sertifikasi  26 ton telur ayam yang akan diantarpulaukan dari Pelabuhan Manado ke Tahuna Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara(Sulut) sebanyak lima ton dan ke Provinsi Maluku Utara 21 ton dengan menggunakan angkutan laut KM Permata Obi dan KM Marina Bay.

"Pemeriksaan fisik dilakukan oleh pejabat karantina dan ini  merupakan salah satu tindakan karantina sebagai bentuk penjaminan bahwa telur yang akan dilalulintaskan bebas dari hama dan penyakit hewan karantina (HPHK) serta aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat,"kata  Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan di Manado, Sabtu.

Donni mengatakan berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFAST pada periode Januari sampai dengan Mei 2020 tercatat sertifikasi telur ayam sebanyak 1.154 ton dengan nilai ekonomi mencapai Rp25 miliar,  naik 70 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya 679 ton dengan nilai Rp15 miliar.

"Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan permintaan telur ayam asal Sulut, dengan pasar utama yakni Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Donni.

Pelaku usaha telur ayam yang biasa mengurus sertifikat karantina tersebut, kata Donni ada yang perorangan maupun perusahaan, karena memang fasilitas karantina yang ada ditujukan untuk semua pelaku usaha.
  Kegiatan karantina (1)
Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil, terpisah mengatakan seluruh unit pelaksana teknis karantina pertanian di tanah air akan memberikan pelayanan perkarantinaan berupa fasilitasi layanan ekspor, impor, maupun sertifikasi media pembawa antar area.

"Hal ini sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar Barantan memastikan dan menjaga kualitas keamanan dan mutu pangan serta kelancaran distribusi 11 bahan pangan, yakni beras, daging sapi, ayam, minyak goreng, telur, bawang putih, bawang merah, aneka cabai dan gula, dalam kondisi aman dan terkendali.

Komoditas telur ayam sendiri merupakan bahan pangan asal hewan yang sangat digemari di kalangan masyarakat  bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Banyak olahan kuliner yang tercipta berbahan dasar telur di dalam resepnya. Telur ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang terjangkau harganya tetapi  dengan kandungan gizi bermanfaat bagi tubuh.   

Sulut merupakan sentra produksi telur ayam konsumsi yang mampu memenuhi kebutuhan protein hewani ke beberapa daerah, dengan sentra produksi berada di Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, dan Kota Kotamobagu.

 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024