Manado (ANTARA) - Ketua komisi IV DPRD Manado, Lily Walandha, MBA, mengatakan, hari pendidikan nasional (hardiknas) menjadi momen mengevaluasi pelaksanaan belajar dari rumah saat masa pandemi COVID-19, supaya tetap lancar dan terlaksana sesuai harapan. 

"Saat ini, seluruh kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah, demi menjaga dan menyelamatkan anak-anak bangsa dari ancaman pandemi  global COVID-19, dan itu adalah langkah yang tepat dan baik," katanya. 

Sebab menurut Srikandi Partai Demokrat itu, belajar dari rumah secara daring, termasuk efisien bagi siswa di saat tak bisa kemana-mana juga bisa berinteraksi dengan guru ditemani orang tua. 

Selain itu katanya, pemerintah juga mendukung lewat pembelajaran di TVRI program belajar dari tingkat SD sampai SMA sederajat. 

Namun dia menegaskan, sebagai wakil rakyat baik secara pribadi maupun kelembagaan juga tetap memantau untuk memastikan pembelajaran dari rumah itu terlaksana dengan benar. 

"Kami juga terus berkomunikasi dengan dinas pendidikan Manado, tentang hal itu dan informasi bahwa pelaksanaan belajar dari rumah tetap berjalan lancar sesuai harapan," katanya. 

Selain itu, Liwa, sapaan akrabnya mengingatkan, agar nanti saat kenaikan kelas, di semua jenjang pendidikan dari SD sampai SMA sederajat, pembelajaran harus dilanjutkan dulu, terutama mata pelajaran yang berkaitan dengan sains atau ilmu pengetahuan alam dan berhitung atau matematika. 

"Karena sains dan berhitung itu berat dan tidak semua siswa mampu untuk itu, sehingga harus dilanjutkan dulu yang hanya dipelajari di rumah, sambil meneruskan yang berikutnya," katanya. 

Sebab itu dia mengingatkan di momen hari pendidikan nasional ini, hendaknya dimanfaatkan mengevaluasi dan makin memperbaiki belajar dari rumah, demi kemajuan pendidikan di Indonesia dan kota Manado khususnya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024