Minahasa Tenggara (ANTARA) - Aparat desa di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dilibatkan dalam pengawasan para siswa yang sedangkan menjalani proses belajar di rumah dan menandatangani tugas diberikan oleh guru mereka,   setelah aktivitas persekolahan diliburkan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dan

"Kami libatkan para aparat desa untuk ikut mengawasi para siswa agar tetap belajar di rumah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan Ascke Benu di Ratahan, Jumat.

Dia mengungkapkan,  para perangkat desa akan melakukan pengawasan di tempat-tempat ramai untuk memastikan bahwa anak-anak sekolah hanya tinggal di rumah.

"Jadi selama mereka belajar di rumah, aparat desa akan memonitor kegiatan para siswa. Termasuk tugas dari guru ke siswa wajib untuk ditanda tangani oleh perangkat desa saat monitoring," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ascke, selama seminggu  pelaksanaan proses belajar di rumah, sangat efektif dan sesuai dengan yang diharapkan.

"Dari laporan harian selama seminggu ini, proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik. Pemanfaatan aplikasi ruang guru juga berjalan dengan baik," katanya.

Ia juga mengharapkan peran dari para orang tua murid untuk terus mengawasi anaknya pada saat proses belajar mandiri di rumah.

"Para orang tua juga kami ingatkan tetap mengawasi proses belajar anaknya. Dan kami minta jangan justru memanfaatkan ini untuk liburan anak-anak," tandasnya.***3***

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024