Sulut, Tahuna (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong meminta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera memutuskan rantai kemiskinan di masyarakat.

"Kami minta semua dinas terkait segera melakukan terobosan untuk memutuskan rantai kemiskinan di masyarakat," kata dia di Tahuna, Senin.

Saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi tim koordinasi penanggulangan kemiskinan pada 2019, ia mengemukakan bahwa penanggulangan kemiskinan harus dilakukan melalui dua sisi.

"Ada dua sisi yang harus dilakukan guna memutuskan rantai kemiskinan, yaitu penghidupan masyarakat dan produksi," kata dia.

Bagi masyarakat yang sulit keluar dari kemiskinan kata Wabup Helmud, harus dipadukan berbagai cara membantu mereka agar bisa hidup layak melalui sektor pendapatan serta pelayanan.

Peningkatan pendapatan masyarakat melalui program keterampilan dan modal harus menjadi perhatian dinas terkait serta pemerintah setempat.

"Fasilitas serta pendanaan harus disiapkan guna mendukung usaha masyarakat agar mereka bisa berkreasi keluar dari kemiskinan," kata dia.

Ia juga meminta pembentukan sinergi antara perencanaan dan anggaran agar berpihak kepada masyarakat miskin.

"Ketepatan di setiap program sangat penting untuk diarahkan kepada masyarakat miskin," kata dia.

Kebijakan penanggulangan kemiskinan, kata dia, memerlukan keterlibatan semua pihak dalam mendukung program yang sudah dijalankan pemerintah.

"Semua pihak perlu terlibat dalam mendukung program pemerintah untuk mengangkat masyarakat dari kemiskinan bisa ," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024