Manado (ANTARA) - DPRD Manado minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, meningkatkan pengawasan peredaran bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020.

"Kami minta pengawasan ditingkatkan, mengingat menjelang Natal dan Tahun Baru konsumsi kebutuhan pokok pasti meningkat," kata Wakil Ketua DPRD Manado, Adrey Laikun, ST, dalam wawancara dengan antarasulut, dari Jakarta. 

Dia mengatakan,  Disperindag harus mengingatkan para distributor dan pedagang besar untuk menyalurkan dengan benar kebutuhan pokok menjelang natal, supaya tidak menimbulkan kelangkaan di pasaran. 

Menurutnya, memang jika mengikuti hukum pasar, sudah pasti makin banyak permintaan maka harga akan bergerak naik, tetapi jika tetap diawasi pemerintah, maka hal tersebut bisa dikendalikan. 

"Terutama kalau persediaan di pasaran cukup, maka walaupun permintaan tinggi, maka harga tidak akan melonjak naik," katanya. 

Selain itu, menurut Laikun, yang terpenting adalah bagaimana mengawasi jangan sampai ada yang melakukan penimbunan, sebab berarti akan menyebabkan kenaikan harga dan kelangkaan. 

Di sisi lain, legislator dari Nasdem itu menegaskan, akan bersama dengan Disperindag melakukan pengawasan, dan akan ikut melakukan pemeriksaan di gudang-gudang distributor dan pedagang besar, untuk memastikan persediaan kebutuhan pokok tetap aman. 

Laikun menegaskan yang paling penting adalah kestabilan harga di pasaran, supaya masyarakat tenang, aman dan nyaman menyambut natal tanpa khawatir kelangkaan dan kenaikan harga. ***


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024