Manado (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara terus memperkuat peran Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) untuk meningkatkan pemahaman dan praktik hidup sehat Generasi Berencana.

"Pembinaan seperti ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap problematika yang terjadi di dunia remaja," kata Plt Kepala BKKBN Sulut Sugiyatna di Tahuna, Selasa.

Pembinaan PIK-R ini masih dirangkaikan dengan peringatan Hari Remaja Internasional dan momentum strategis Sumpah Pemuda.

Impementasi program remaja berketahanan menjadi dasar mewujudkan generasi berencana (GenRe) ini dilaksanakan SMP Negeri I Tahuna yang dihadiri sekitar 400 remaja serta murid Madrasah Al Aqsha Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, ujarnya.

"BKKBN sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) memfasilitasi para remaja agar memahami dan mempraktekkan hidup sehat supaya menjadi generasi berencana," kata Sugiyatna.

Sugiyatna didampingi Kadis PPKB Kabupaten Kepulauan Sangihe Octavianus Papodi dan Kabid KSPK Sitti Kamlah Takalamingan mengatakan program ini dapat memfasilitasi terwujudnya remaja berperilaku sehat.

Selain itu, terhindar dari risiko tiga ancaman dasar (triad) kesehatan reproduksi remaja, menunda usia pernikahan, serta perencanaan kehidupan berkeluarga.

"Dari sini diharapkan mampu mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, serta menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya. Selain itu meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku orang tua dalam rangka pembinaan tumbuh kembang remaja," katanya.

BKKBN juga melakukan kegiatan serupa di Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kampung KB Kelurahan Kolongan Akembawi, Kecamatan Tahuna Barat.

Usai pelaksanaan promosi PUP dilanjutkan dengan Peresmian Sekolah Siga Kependudukan (SSK) SMP Negeri I Tahuna, kegiatan tersebut juga mengikutsertakan duta Genre.

"BKKBN Sulut memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB yang telah mendukung dan berpartisipasi menyukseskan program KKBPK di dalamnya program ketahanan remaja," ujarnya.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024