Manado (ANTARA) - DPRD Manado, mendorong pemerintah kota (Pemkot) Manado,  untuk mencari solusi masalah rendahnya harga pala dan kopra di Manado. 

"Sebagai wakil rakyat yang berlatarbelakang sebagai pengekspor, saya tentu merasa prihatin dengan harga dua komoditas andalan pala dan kopra," kata Legislator dari Gerindra, Nanses Rakian, SH, di Manado. 

Rakian mengatakan, saat ini, harga pala dan kopra sedang turun, dan memang itu disebabkan oleh mekanisme pasar yang ada. 

Tetapi menurutnya, sebagai wakil rakyat tetap mendorong pemerintah melakukan langkah-langkah, untuk mendorong harga kedua komoditas itu tetap baik. 

"Memang sesuai dengan mekanisme pasar, jika permintaan sedang tinggi, maka harga akan bergerak naik, sebaliknya jika turun maka trendnya juga ikut turun," katanya. 

 Minimal pemerintah bisa membuat langkah strategis seperti mendorong petani memanfaatkan atau membuat down stream atau produk turunan dari komoditas tersebut. 

Selain itu katanya, juga mendorong agar bisa memotong jalur perdagangan agar tidak panjang untuk sampai keluar negeri, sehingga harga di tingkat petani juga bisa naik. 

"Kan kita juga harus memikirkan harga di tingkat petani supaya ikut hidup bersama dan berkembang dengan yang lain," katanya. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024