Manado (ANTARA) - Wakil rakyat dari wilayah utara Kota Manado, Legislator Zakarias Tatukude, SE, minta pemerintah agar lebih memperhatikan dan memprioritaskan masalah masalah kebersihan di ibukota provinsi itu, supaya bisa merebut kembali predikat kota terbersih. 

"Salah satu hal penting yang perlu menjadi prioritas dan mendapatkan perhatian juga adalah tentang masalah kebersihan, yang masih dirasakan kurang karena jebloknya prestasi Manado dalam hal yang satu itu," kata Ko Sun, sapaan akrab politisi dari PDIP itu, di Manado. 

Kalau dari segi infrastruktur seperti jalan, jembatan dan masalah air bersih memang sudha baik tetapi harus lebih dimaksimalkan perhatian dan perlu ditingkatkan, mengingat itu adalah kebutuhan vital masyarakat.

Namun khusus masalah kebersihan, Ko Sun mengatakan,   masih memerlukan penanganan khusus dari Pemkot Manado, secara sistematik dan terintegrasi dengan semua stake holder di daerah itu. 

"Ini harus dilakukan sebab ternyata tahun ini bahkan sejak akhir tahun lalu, kita dinobatkan sebagai kota terkotor dan itu sungguh mencoreng wajah Manado sebagai ibukota provinsi," katanya. 

Padahal menurutnya, sebelum-sebelum itu, Manado selalu mendapatkan predikat kota sedang dan besar terbersih, sampai menggondol adipura kencana, sehingga predikat itu meninggalkan ketidaknyamanan bagi warga maupun pemerintah termasuk wakil rakyat Manado. 

"Karena itu supaya bisa mengembalikan kembali citra Manado maka semua pemangku kepentingan harus bersama, mengatasi masalah itu, juga peran serta masyarakat menjadi hal penting," katanya. 

Karena masyarakat dibawah komando kepala lingkungan, harus bisa dimotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan kedepannya kemajuan Manado dan Sulawesi Utara yang hebat. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024