Manado (ANTARA) - Sekretariat DPRD Manado, Menjadwalkan orientasi bagi 40 legislator setempat, yang dijadwalkan selama empat hari, di Swiss bell hotel. 

"Orientasi akan dimulai pada Rabu 11 September sampai Sabtu 14 September dan akan diikuti oleh seluruh legislator Manado, untuk mendapatkan materi dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota DPRD," Kata Sekretaris DPRD Manado, Steven Rende, SH, MH, di Manado. 

Dia mengatakan, orientasi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, kemudian meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI, dan meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan. 

Sementara Kepala Bagian Risalah Rapat dan Perundang-Undangan DPRD Manado, Drs. Novly Siwi, mengatakan, orientasi dilaksanakan sesuai Permendagri nomor 14/2018 tentang perubahan atas Permendagri 133/2017. 

Kemudian katanya,  orientasi dilaksanakan oleh Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Utara, dengan para pemateri antara lain, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut serta panelis lainnya. 

"Secara umum  orientasi merupakan pembekalan bagi para legislator sebelum melaksanakan semua tugas pemerintahan secara penuh dan dibagi kedalam komisi-komisi," katanya. 

Dia mengatakan, dengan pelaksanaan orientasi diharapkan akan ada sinergitas antara lembaga DPRD dan pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas. 

Sedangkan untuk jadwalnya, kata Novly, sudah disusun langsung oleh BPSDM Sulawesi Utara, yang dimulai pada hari pertama untuk Rabu dengan registrasi peserta kemudian pembukaan, diteruskan dengan materi oleh Gubernur, Wali Kota dan direktur IPDN kampus Sulawesi Utara. 

"Kemudian untuk Kamis, Jumat sampai Sabtu, materi yang akan diterima para peserta adalah seputaran tugas, fungsi dan hubungan kerja dengan kepala daerah, juga tentang keuangan dan semua tugas serta wewenang para wakil rakyat," katanya. *** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024