Manado (ANTARA) - 40 anggota DPRD Kota Manado, Kamis siang sampai sore, menggelar  pertemuan dan dialog, dengan wali kota Vicky Lumentut, di rudis Bumi Beringin, membahas hubungan kemitraan dan kerjasama antara dua lembaga serta sinergitas dengan pemerintah provinsi. 

"Dalam pertemuan yang dimoderatori  oleh legislator Hengky Kawalo, dari fraksi PDIP ada banyak hal yang diperbincangkan secara ringan, tapi sebenarnya lebih ke koordinasi dan menindaklanjuti pertemuan dengan gubernur sebelumnya," kata legislator dari Fraksi Golkar, Meikel Maringka, di Manado. 

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut DPRD menyampaikan berbagai hal termasuk usulan serta masukan dari pemerintah provinsi untuk kota Manado, agar selalu bisa bersinergi dalam pengembangan serta pembangunan kota ke depan. 

"Termasuk juga dengan masalah masalah krusial yang terjadi di kota Manado seperti kemacetan, sampah serta hal-hal lain disampaikan kepada wali kota, dan kepala daerah menyambut dengan terbuka berbagai masukan dari kami," katanya. 

Bahkan menurutnya, wali kota menyampaikan harapan kiranya, pertemuan-pertemuan informal seperti yang dilaksanakan selama kurang lebih empat jam tadi dapat terus dilakukan oleh eksekutif dan legislatif setiasp dua bulan, sehingga berbagai masalah yang terjadi dan berkembang serta hal-hal yang perlu  dituntaskan dapat selalu dikoordinasikan serta diselesaikan bersama. 

Hal senada juga disampaikan legislator Maikel Towoliu dari fraksi partai demokrat, yang mengatakan pertemuan tersebut, lebih kepada koordinasi antara DPRD dan pemerintah, serta dengan pemerintah provinsi untuk membahas serta mensinergikan program untuk pembangunan kota Manado ke depan. 

"Ada beberapa hal yang kami sampaikan kepada wali kota terutama masukan dari provinsi untuk sinergitas pembangunan di Kota Manado seperti masalah kemacetan yang selalu menjadi momok di Kota Manado termasuk juga pembangunan lajur khusus ambulans yang semuanya bermuara pada kepentingan masyarakat," kata Mike, sapaan akrabnya. 

Pada dasarnya, Mike, mengatakan wali kota menyambut hangat kedatangan serta dialog dengan legislatif itu karena bisa saling mengkoordinasikan berbagai hal di Kota Manado terutama untuk sinergitas antara legislatif dan eksekutif bersama pemerintah provinsi. 

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh ketua DPRD Manado dan Aaltje Dondokambey dilanjutkan oleh wali kota kemudian makan bersama lalu dialog selama kurang lebih empat  jam. **

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024