Manado (ANTARA) - Legislator Manado daerah pemilihan (Dapil) Singkil Mapanget, Roni Makawata SE,  mengatakan banyak Perda  yang dihasilkan sepanjang periode ini tetapi nyaris tidak  dilaksanakan. 

"Harus diakui sampai saat ini banyak Perda yang telah dihasilkan belum dilaksanakan di masyarakatt, karena kurangnya sosialisasi oleh pemerintah," kata Makawata di Manado. 

Dia menyebutkan beberap peraturan daerah yang tidak dilaksanakan secara maksimal karena kurangnya sosialisasi, itu antara lain tentang kawasan tanpa rokok atau ktr kemudian tentang

Sebab itu Makawaktu mengatakan pihaknya banyak kali mendorong pemerintah untuk menggiatkan sosialisasi Perda baik yang ditetapkan baru saja maupun yang sudah lama. 

"Akibat tidak disosialisasikannnya peraturan daerah oleh pemerintah menyebabkan Perda tersebut tidak berjalan dan seperti dianggap tidak ada,† katanya. 

Di sisi lain dia mengakui pelaksanaan Perda menjadi sulit karena kurang diketahui masyarakat, akhirnya dalam penerapannya pun susah termasuk penegakan sanksinya. 

Meski demikian, Makawata mengatakan pihaknya akan terus mendorong pemerintah untuk melakukan sosialisasi dengan giat terhadap semua Perda yang telah ditetapkan dan masuk dalam lembar daerah sehingga bisa diketahui dan dilaksanakan oleh masyarakat kota. 

Dia juga menambahkan,  banyaknya Perda yang belum terlaksana maksimal di Manado tidak akan menjadi penghalang DPRD untuk menyelesaikan sejumlah Ranperda, yang sementara dibahas untuk ditetapkan sebagai periode oleh lembaga politik tersebut menurutnya pihaknya akan secepatnya menyelesaikan ranperda yang sementara dibahas. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024