Manado (ANTARA) - Legislator Manado, Dapil Tuminting, Bunaken dan Bunaken Pulau,  Vanda Pinontoan mendesak pemerintah untuk menutup operasional TPA sumompo dan mencari lahan yang baru. 

"Sebagai wakil rakyat dari Dapil Tuminting, saya sangat mengerti dengan keinginan masyarakat untuk memindahkan TPA dari Sumompo, karena sangat berdampak pada masyarakat sekitar yang berada hingga radius 5 lima kilometer,"  kata Vanda, di Manado

Dia mengatakan, paham dengan kondisi dan keinginan masyarakat, karena sebagai warga Manado pun dia berdomisili di wilayah Tuminting, sehingga tahu bagaimana masyarakat yang bagaimanamasyarakat yang terdampak dengan sampah di wilayah itu. 

Dia menambahkan, pemerintah harus lebih gencar mencari lahan baru, untuk dijadikan TPA agar yang lama itu bisa ditutup dan dapat dialihkan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau. 

Dia mengakui,  bau lindi sampah sudah banyak dikeluhkan masyarakat dan dia berkali-kali menerimanya sehingga merasa sudah seharusnya pemerintah mengambil langkah ekstrem, agar mengurangi produksi sampah 

"TPA yang baru harus berada di lahan yang luas dan representatif  sehingga seluruh masyarakat Manado bisa membuang sampah ke tempat itu," katanya. 

Dia mengingatkan agar pemerintah segera melakukan hal tersebut, sebab yang paling merasakan dampak dari menggunungnya sampah di TPS sumompo adalah masyarakat itu sendiri sehingga perlu adanya lokasi baru. 

Dia menegaskan, bahwasanya secara pribadi maupun sebagai anggota DPRD yang mewakili Dapil Tuminting Bunaken akan memperjuangkan hal tersebut,  sebab diperlukan masyarakat. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024