Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), akan menyiapkan tujuh program strategis dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan daerah, serta peningkatan dan pemberdayaan masyarakat.
Ketujuh program strategis tersebut secara resmi disampaikan Bupati James Sumendap dalam Kebijakan Umum Anggaran Platform Perkiraan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk tahun 2020, pada sidang paripurna DPRD, Senin (15/7).
Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan, pelaksanaan perencanaan program strategis tersebut telah disusun dengan menggunakan aplikasi, yakni e-planning yang untuk pertama kalinya diterapkan di Kabupaten Mitra.
Ia mengungkapkan, Pemkab Mitra dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk dalam penyusunan program strategis tahun 2020, telah berbasis elektronik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang lebih efisien, terukur, akuntabel, dan tepat sasaran.
Bupati menyampaikan, rencana program kegiatan dalam aplikasi e-planning tersebut telah sesuai dengan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) serta sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD), baik kabupaten dan provinsi serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).
Ia pun berharap, program strategis yang nantinya akan dibahas bersama DPRD tersebut melahirkan kesepakatan bersama dalam rangka pembangunan daerah, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Mitra.(adv)

Tujuh program strategis Pemkab Mitra 2020
1. Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran
2. Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan
3. Peningkatan Mutu Pendidikan
4. Menjamin Ketahanan Pangan Melalui Peningkatan Produksi dan Produktivitas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan
5. Peningkatan Ekonomi, Daya Saing Iklim Usaha, Parawisata, Koperasi dan UMKM
6. Infrastruktur Layanan Dasar, Tata Ruang, Mitigasi Bencana, dan Lingkungan Hidup
7. Reformasi Birokrasi, Tata Kelola Pemerintahan, dan Optimalisasi Pelayanan Publik. Bupati James Sumendap menyampaikan pemaparannya di depan sidang paripurna DPRD Mitra terkait tujuh program unggulan Pemkab Mitra. (Adv) Paripurna penyampaian KUA PPAS 2020. (Adv) Penyampaian KUA PPAS 2020. (Adv)

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024