Manado (ANTARA) - Sembilan mata pelajaran akan dilombakan pada pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2019 yang akan digelar di sejumlah daerah di Sulawesi Utara (Sulut).

"Mata pelajaran yang dilombakan yaitu kimia, geografi, informatika, biologi, ekonomi, kebumian, fisika, matematika, astronomi," sebut Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen di Manado, Rabu.

Lomba ini, lanjut Silangen akan diikuti sebanyak 1.073 siswa ditambah pendamping, juri dan panitia pusat.

Lomba mata pelajaran tersebut dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019 di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Tomohon, katanya.

"Peserta yang menjadi utusan Sulut sebanyak 26 siswa," sebut Silangen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy direncanakan membuka langsung kegiatan yang dilaksanakan oleh di Grand Kawanua Convention Center pada tanggal 1 Juli 2019.

Dia berharap, panitia lokal bekerja optimal sehingga segala persiapan, teknis pelaksanaan dapat diorganisasi agar pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sukses.

Citra Sulut sebagai tuan rumah penyelenggara diharapkan dijaga baik, selain itu dalam OSN SMA ini rencananya akan dilakukan teleconference Mendikbud RI dan Gubernur Olly Dondokambey dengan murid yang ada di Yogyakarta.

Sejumlah sekolah seperti SMA Eben Haezar Manado, SMA N 1 Manado, SMA N 9 Manado, SMA Rex Mundi Manado, SMA St. Nikolaus Tomohon, SMA MIS Kolongan, SMK N 1 Manado dan SMK N 2 Manado akan menjadi lokasi pelaksanaan iven ini.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024