Manado (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Manado dr Richard H. Sualang, mengingatkan pemerintah kota untuk memantau stok bahan kebutuhan pokok di pasar saat bulan puasa. 

"Biasanya setiap puasa Ramadhan permintaan kebutuhan pokok akan meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat hal ini harus menjadi perhatian pemerintah,"  kata Ichad, sapaan akrab,  politisi PDIP itu di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan dalam beberapa pekan menjelang Ramadhan Ini harga sejumlah kebutuhan pokok sudah bergerak naik meskipun konsumsi belum naik secara tajam, sehingga harus ada langkah untuk menjaga agar ketersediaan tetap ada.

"Memang sudah menjadi hukum pasar di mana saat permintaan meningkat maka harga pun akan bergerak naik namun yang harus diperhatikan adalah agar ketersediaan kebutuhan tetap ada jangan sampai harga sudah mahal kemudian barang pun langka," katanya. 

Richard mengatakan pemerintah yang selalu punya langkah dan strategi untuk menjaga stabilitas stop kebutuhan pokok di pasaran harus menerapkan dengan cepat supaya ketika makin tinggi permintaan tetap tersedia di pasaran. 

Dia juga mengingatkan pemerintah mengawasi para spekulan yang sering berulah di saat-saat seperti ini karena bisa merugikan konsumen yang notabene adalah masyarakat kota Manado. 

"Mari kita memberikan masyarakat kota, terutama saudara-saudara kita kaum muslim rasa nyaman saat menjalankan puasa, dan tidak memikirkan kebutuhan yang berkurang di pasaran tetapi bisa tetap menjalankan ibadah dengan tenang tanpa harus dibebani dengan kekuatiran kebutuhan pokok menghilang," katanya. 

Dia pun mengingatkan pemerintah harus terus berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan atau stakeholders sehingga di saat kebutuhan meningkat, persediaan cukup dan harga tidak melambung tinggi. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024