Manado (ANTARA) - Kesibukan berkampanye tak membuat Wakil ketua DPRD Kota Manado dr Richard H. Sualang, lalai, bahkan tetap melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai wakil rakyat, dengan mengingatkan orang tua dan sekolah menyiapkan mental anak menjelang USBN. 

"25-29 Maret nanti  7.698 siswa kelas 3 SMP dan  MTs baik negeri maupun swasta, akan mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN), karena itu kami minta semua semua pemangku kepentingan menyiapkan segala sesuatunya dengan matang," kata kata Ichad, sapaan akrab ketua DPC PDIP Kota Manado itu.

Dia mengatakan, karena waktunya sudah dekat maka semua pihak terutama orang tua dan sekolah sebagai lembaga pendidikan mempersiapkan para siswa secara mental, supaya benar-benar siap menghadapi ujian.

"Bukan hanya fisik saja yang disiapkan tetapi yang utama mental anak-anak, mengingat topangan secara psikologis adalah kekuatan bagi siswa menghadapi ujian," katanya. 

Di lain pihak, Ichad mengakui memang pemerintah kota sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala sekolah maupun sekolah sebagai  penyelenggara USBN, namun yang paling penting menurutnya adalah menyiapkan para siswa secara mental. 

"Jika kondisi para siswa secara psikologi siap, akan memudahkan mereka mengikuti ujian dan apa yang dipelajari bisa diingat dengan jelas terutama dapat mengisi soal-soal dengan baik karena benar-benar siap," katanya. 

Richard yang juga maju kembali sebagai Calon legislatif untuk provinsi Sulawesi Utara,  dari dapil Kota Manado berharap kiranya, pelaksanaan ujian pada 25 sampai 29 Maret nanti akan berjalan lancar. 

"Karena kesuksesan pelaksanaan USBN  ini akan menjadi dasar bagi kesuksesan pelaksanaan UNBK nanti, termasuk juga untuk USBN maupun US  bagi siswa sekolah dasar pada bulan April dan Mei nanti," katanya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024