Manado, (Antara) - Pemerintah Kota Tomohon menetapkan tujuh program prioritas daerah dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, kata Wali Kota Jimmy F Eman.

"Kami berupaya meningkatkan daya saing dengan memacu investasi dan pemerataan pembangunan serta mempercepat penanggulangan kemiskinan," kata Wali Kota Jimmy di Tomohon, Senin.

Ketujuh program prioritas tersebut yaitu kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pengangguran permasalahan sosial, penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat serta pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Berikutnya, penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya, pembangunan infrastruktur, kualitas birokrat dan tata kelola, serta kualitas sumber daya manusia.

"Program prioritas tersebut diharapkan bisa mewujudkan masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan, menuju kota wisata dunia," kata Wali Kota.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, pencapaian pembangunan dan perencanaan daerah ini juga diselaraskan dengan prioritas nasional maupun Provinsi Sulawesi Utara.

"Terkait dengan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Tomohon untuk tahun anggaran 2019 disusun berdasarkan dokumen perencanaan yang telah disusun dan ditetapkan terlebih dahulu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Tomohon 2016-2021 dan RKPD tahun 2019," ujarnya.

Wali Kota periode kedua itu berharap sinergitas para pihak sangat dibutuhkan dalam melaksanakan program prioritas yang ditetapkan dalam RKPD.

(K011).

(T.K011/B/G004/B/G004) 17-09-2018 20:25:37

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024