Manado,  (Antaranews Sulut) - Politisi muda Sulawesi Utara (Sulut), Richard Sualang mengatakan nasionalisme di kalangan pemuda harus dipupuk dengan mencontoh generasi yang lebih tua.

"Generasi muda harus meneladani generasi tua tentang bagaimana menjaga dan mempertahankan persatuan, cinta tanah air, Pancasila dan NKRI," kata Ichad, sapaan akrab, politis yang juga wakil ketua DPRD Manado itu, di Manado, Jumat.

Dia mengakui saat ini memang pandangan kalangan muda tentang nasionalisme sudah mulai terkikis, karena banyak yang menganggap bahwa hal tersebut hanya menjadi urusan generasi tua saja, padahal hal tersebut keliru.

Ketua DPC PDIP Manado itu, mengatakan pada peringatan HUT ke 73 kemerdekaan Indonesia, sudah seharusnya pandangan nasionalisme, kembali dipaparkan dan direkatkan ke generasi muda, dan diimplementasikan dalam kreativitas seni, prestasi olah raga maupun akademik dan teknologi.

"Karena prestasi demikian bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, dan kebanggaan dari generasi muda kepada negara Indonesia," katanya.

Politisi  muda yang juga anak Wakil Gubernur dua periode itu, mengatakan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, organisasi kepemudaan, hingga generasi tua, harus terus mendorong generasi muda untuk berkreasi dalam segala hal, dan mampu menunjukan prestasi.

Termasuk dalam pendidikan formal dan non formal, kata Sualang harus didorong, termasuk harus memiliki jiwa enterpreneur termasuk penguasaan teknologi internet yg bersentuhan langsung dgn masyarakat.

"Karena itu, memberikan kebanggaan kepada diri sendiri dan masyarakat dan menumbuhkan rasa bangga karena mampu berbuat sesuatu komunitas masyarakat sebagai implementasi rasa nasionalisme sekarang," katanya.



 (KR-JHB).

(T.KR-JHB/B/G004/B/G004) 17-08-2018 21:01:00

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024