Bolmong, (5/6) Antara - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara menganggarkan Rp12 miliar untuk pembangunan fasilitas rawat inap di Puskesmas Desa Pusian Kecamatan Dumoga.

"Sampai saat ini puskesmas tersebut masih berstatus rawat jalan, tahun ini Pemkab menyiapkan dana Rp12 miliar untuk mengubahnya menjadi rawat inap," ucap Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Selasa.

Yasti mengatakan pembangunan puskesmas untuk menjawab kebutuhan masyarakat di desa tersebut di bidang kesehatan.

"Sudah lama masyarakat setempat berkerinduan agar Puskesmas sudah bisa rawat inap, nah tahun ini kami sudah siapkan dana tinggal realisasi pembangunannya. Ini semua untuk masyarakat Desa Pusian dan sekitarnya," katanya.

Ia berharap setelah peningkatan fasilitas Puskesmas beroperasi, masyarakat bisa turut serta menjaga akan fasilitas tersebut supaya bisa digunakan dengan jangka panjang.

"Setelah Puskesmas ini ditingkatkan ke rawat inap, diharapkan masyarakat bisa turut serta menjaga lingkungan maupun semua fasilitas yang ada," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pelaksanaan pembangunan Puskesmas ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Bolmong yakni dengan menyediakan fasilitas memadai di bidang kesehatan. Program yang sama pun nantinya akan dilaksanakan di desa dan kecamatan lainnya di waktu mendatang, tentu dengan melihat kebutuhan masyarakat itu sendiri.

"Peningkatan fasilitas Puskesmas ini sudah sejalan dengan visi dan misi Pemkab Minahasa, mudah-mudahan bisa direalisasikan juga ke desa dan kecamatan lainnya yang cocok dengan kebutuhan warga setempat," katanya.



(T.KR-MDY/B/M019/M019) 05-06-2018 08:48:27

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh

Copyright © ANTARA 2024