Bolaang Mongondow, (Antaranews Sulut) - Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Tahlis Gallang mengatakan pemerintah daerah akan segera menerapkan aplikasi e-coaching clinic (e-conic).

"Bolaang Mongondow mengikuti kegiatan peluncuran konsultasi jarak jauh dan asistensi pengelolaan keuangan daerah melalui aplikasi e-conic yang dilaksanakan di kantor BPKP Provinsi Sulut," kata Tahlis di Bolaang Mongondow, Jumat.

"E-conic BPKP merupakan media komunikasi pembinaan, koordinasi dan sinergitas antara BPKP dan pemerintah daerah. Makanya kami pun menyambut baik akan peluncuran aplikasi tersebut, bahkan akan segera menerapkannya," kata Tahlis.

Tahlis mengatakan e-conic ini bertujuan mendorong percepatan penguatan akuntabilitas pengelolaan keuangan di daerah termasuk pembangunan. Bahkan, melalui aplikasi ini sekaligus sebagai media untuk memberikan pembinaan tata kelola, sumber daya manusia, pengelola keuangan aset dan auditor.

"Melalui media e-conic seluruh pemangku kepentingan di daerah, BUMD/BLUD, dan instansi vertikal dapat melakukan konsultansi secara online atau off line yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Prinsipnya pemerintah daerah sangat mendukung sistem pendampingan dan bimbingan berbasis teknologi ini," katanya.

Tahlis mengatakan dengan aplikasi e-conic, kinerja pemerintah daerah akan meningkat secara siginifikan. Karena, cepatnya informasi teknis yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Pemkab tak perlu datang langsung ke kantor BPKP, cukup menggunakan aplikasi ini untuk menanyakan segala sesutu yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan daerah meliputi Simda keuangan, Simda perencanaan, maturitas SPI, kapabilitas APIP, Simda BMD dan lainnya yang behubungan langsung dengan keuangan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain kecepatan informasi teknis, aplikasi e-conic juga akan dapat menekan belanja perjalanan dinas untuk berkonsultasi secara teknis.

Diharapkan semua perangkat daerah dapat memanfaatkan aplikasi ini apabila menemui kendala dalam pengelolaan keuangan daerah. Jika ada yang perlu dikonsultasikan secara teknis, silahkan saja gunakan aplikasi tersebut.



(T.KR-MDY/B/G004/G004) 01-06-2018 22:31:52

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh

Copyright © ANTARA 2024