Manado,  (Antaranews sulut) - Sebanyak lima orang siswa kelas enam sekolah dasar(SD) di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) susulan.

"Jumlah siswa yang ikut USBN susulan, hanya lima orang, karena hanya mereka yang tidak ikut pada USBN pekan lalu," kata Kepala Dinaa Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Dr. Deasy Lumowa, melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Marthen, ST, MT, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, para siswa itu, mengikuti USBN susulan di SD Negeri 54 Manado, yang berlokasi di Dendengan Dalam, Kecamatan Paal Dua Manado, selama dua jam.

Berdasarkan data yang ada, kata Marthen, pelaksanaan USBN susulan hanya akan dilaksanakan sampai esok, karena ada dua mata pelajaran saja yang diikuti sebab pada hari ketiga pelaksanaan siswa yang tak hadir itu sudah datang.

"Meskipun susulan, tetapi pengawasan tetap kami lakukan dengan ketat, dan soal-soal ujian yang diberikan kepada para siswa juga terjamin aman," katanya.

Dia menegaskan, tidak ada kebocoran sama sekali, karena tetap disimpan di kantor dinas pendidikan, dan pelaksanaan susulan ujian juga dilakukan di SD yang berlokasi berhadapan dengan dinas pendidikan dan kebudayaan Manado.

Sementara anggota Komisi D DPRD Manado, Vanda Pinontoan, mengingatkan dinas pendidikan dan kebudayaan tetap harus mengawasi dengan ketat, pelaksanaan susulan USBN, sebab itu sama seperti yang utama.

"Ini juga adalah salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dari bangku SD, tentu kami sangat berharap agar pelaksanaan ujian berjalan baik dan lima siswa yang ikut tidak terganggu," katanya.

Dia mengingatkan agar suasana di sekitar lokasi ujian, harus tetap tenang dan nyaman, agar para siswa yang ikut susulan dapat berkonsentrasi dan menjawab soal-soal dengan baik, sehingga bisa menyelesaikan pendidikan di tingkat SD dengan baik.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 08-05-2018 18:02:19

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024