Tondano, (Antara) - Penyelenggaraan Festival Danau Tondano (Fesdaton) 2017 dalam rangka merayakan Hari Jadi Minahasa ke-589 dan mensukseskan Pesona Minahasa dan Pesona Indonesia yang terselenggara sejak 27 Oktober 2017, resmi berakhir ditandai dengan penyerahan trophy dan hadiah uang tunai dari Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo kepada para pemenang jenis-jenis lomba, (24/11) Jumat.

Adapun jenis lomba yakni Mujair Woku Belanga antar SKPD, Mujair Goreng antar desa dan kelurahan dan Nike Olahan antar sekolah serta kuliner antar restoran se-Kabupaten Minahasa, bertempat di kompleks Benteng Moraya Tondano dirangkaikan dengan memasak ikan Mujair dan Nike oleh Bupati JWS.

"Saya terbiasa memasak sejak masih kecil di kampung, jadi kalau untuk memasak ikan Mujair sudah biasa," ungkap bupati.

Setelah memasak, Bupati JWS melanjutkan dengan memainkan alat musik Kolintang guna menghibur para undangan dan masyarakat, bupati bermain bersama tim Kolintang Pemkab Minahasa pimpinan Jaris Banua yang baru saja pulang dan sukses tampil di Festival Makasar Jazz 2017, tim kolintang ini mempersembahkan lima lagu daerah Minahasa secara berturut-turut.

Selanjutnya Bupati JWS menyerahkan trophy dan hadiah kepada para pemenang dalam rangka Fesdaton yang telah berlangsung sejak Jumat 27 Oktober dan Selasa 14 November 2017.

Kadis Budpar Agustivo Tumundo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan rangkaian Fesdaton 2017.

"Terima kasih atas semua sumbangsihnya telah mengikuti kegiatan ini, selamat kepada para pemenang lomba," katanya.

Para pemenang yakni untuk lomba memasak Mujair Woku Belanga antar SKPD juara I Dinas Pangan, II Sekretariat DPRD dan III Inspektorat Daerah, kemudian lomba memasak Mujair Goreng antar desa/kelurahan, juara 1 Desa Talikuran Kecamatan Remboken, II Desa Makalelon Kecamatan Kakas sedangkan III Desa Wolaang Kecamatan Langowan Timur, sementara lomba memasak Nike Olahan antar sekolah, juara 1 SMP Negeri 2 Kakas, II SMP Negeri 1 Langowan dan 3 SMP Negeri Remboken.

Sedangkan dalam Festival Kuliner antar restoran se-Minahasa, dijuarai oleh restoran HoHo Boulevard Tondano, disusul Tumou Tou Tondano sebagai juara kedua dan restoran Ragey Kawangkoan sebagai juara tiga, masing-masing memperoleh trophy bupati, trophy ketua TP-PKK, trophy Kadis Budpar dan uang tunai masing-masing Rp5 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta.

Kegiatan turut dihadiri Asisten I Denny Mangala, Asisten II Wilford Siagian, Asisten III Hetty Rumagit, Inspektur Daerah Frits Muntu, para kepala OPD, camat serta masyarakat.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024